Tips Kesehatan · August 22, 2022

Cara Untuk Mengatur Pola Makan Bagi Penderita Asam Lambung

Apakah kamu merupakan salah satu penderita asam lambung yang kerap kambuh, hingga menimbulkan rasa kurang nyaman, panas pada dada, kembung, mual dan lainnya. Tahu tidak kalau sebenarnya, kamu bisa loh mencegah kambuhnya asam lambung dengan cara mengatur pola makan, yaitu makan yang boleh dikonsumsi dan menghindari yang tidak disarankan.

Mencegah Agar Asam Lambung Tidak Kambuh Dengan Mengatur Pola Makan

Ada seorang ahli di bidang gastroenterologi bernama Ekta Gupta, MBBS., MD dari Johns Hopkins Medicine yang menjelaskan jika pola makan seseorang memiliki peran penting dalam mengontrol gejala asam, diman ini merupakan terapi tahap awal bagi pengidap GERD.

Sebagai seorang yang mempunyai penyakit asam lambung, sangat disarankan untuk menghindari makanan-makanan seperti berikut, keripik kentang (olahan turunannya), kopi, fast food, gorengan, cabai, merica, pizza, buah-buah asam, cokelat, minuman alkohol dan soda hingga daging berlemak.

Ekta juga memberikan saran makanan yang baik serta aman untuk dikonsumsi dan pastinya makanan ini mampu membantu kamu mencegah kambuhnya asam lambung, yaitu :

  • Makanan yang tinggi serat. Contohnya seperti, beras merah, oatmeal, wortel, ubi jalar, bit, asparagus, brokoli dan kacang hijau.
  • Makanan yang mengandung alkali/ pH tinggi, contohnya pisang, kembang kol, melon dan adas.
  • Makanan yang mengandung air. Contohnya semangka, mentimun, seledri dan selada.¬†

Mengubah Gaya Hidup Menjadi Lebih Baik

Tidak hanya sampai pada mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari dan yang boleh dikonsumsi. Kamu tentunya juga perlu mengubah gaya hidup ke arah yang lebih baik, supaya bisa menjadi lebih sehat, contohnya :

  • Dengan menjaga berat badan agar tetap ideal, kamu harus tahu bila obesitas merupakan penyebab utama dari GERD. Sebab lemak di tubuh bisa menekan cairan lambung dan membuatnya naik ke arah kerongkongan. Karena itu, berusahalah untuk memiliki berat badan yang ideal agar tetap sehat.
  • Hindari langsung tiduran ketika selesai makan. Sebab, hal ini sangat berisiko meningkatkan asam lambung.
  • Ketika kamu akan tidur, ada baiknya meninggikan tubuh bagian atas setidaknya 20-30 cm. Hal ini supaya asam lambung tidak menjadi naik. Kamu bisa menyangga tubuh dengan bantal atau guling.
  • Bila kamu memiliki kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol, sebaiknya segera dihentikan. Sebab kedua hal tersebut dapat memperburuk kondisi lambung kamu.
  • Hindari penggunaan baju atau celana yang terlalu ketat di badan. Sebab ketika bagian perut tertekan, akan berpotensi membuat asam lambung naik.

Mengelola Pola Makan Penderita Asam Lambung

Setiap manusia memang mempunyai atau berpotensi menderita asam lambung, di mana penyakit ini bisa dipicu oleh minuman maupun makanan tertentu. Karena itu kamu yang sekarang memiliki masalah dengan penyakit yang satu ini, maka sangat diharuskan untuk mengatur pola makan dengan baik.

Kamu harus tahu bila ada makanan serta minuman tertentu yang boleh untuk dikonsumsi dan juga dihindari atau tidak dikonsumsi sama sekali karena memiliki potensi memperparah keluhan penyakit asam lambung tersebut.

  • Konsumsi makanan tinggi serat

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan mereka menemukan bila makanan dengan serat tinggi bisa mencegah terjadinya asam lambung. Karena makanan-makanan tersebut mampu menurunkan kadar keasaman lambung dan tidak membuat lambung cepat kosong ketika kamu mengkonsumsinya, contohnya :

  • Buah-buahan seperti apel, semangka, pepaya, pir dan juga pisang pisang.
  • Sayuran misalnya seperti wortel, mentimun kacang hijau, asparagus selada dan seledri.
  • Gandum
  • Beras merah
  • Konsumsi daging rendah lemak dan protein

Berikutnya adalah dengan mengkonsumsi daging rendah lemak dan juga makanan yang mengandung protein. Untuk protein kamu bisa makan tempe dan juga putih telur. Tempe sendiri merupakan sumber protein yang bisa dengan mudah diserap oleh tubuh serta  mengandung senyawa anti-radang.

  • Makan dengan porsi sedikit

Ahli kesehatan memberikan saran kepada para penderita asam lambung untuk memakan makanannya dalam porsi yang jauh lebih sedikit, tetapi dilakukan lebih sering. Maksudnya jika biasanya kamu hanya makan dalam sehari dua kali, maka ubahlah menjadi 3 atau 4 kali makan.

  • Hindarilah minuman dan makanan yang memicu kambuhnya asam lambung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bila ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu kambuhnya asam lambung. Misalnya seperti makanan pedas, minuman beralkohol dan bersoda, kafein tinggi, produk olahan susu yang tinggi lemak, makanan asin dan beberapa buah-buahan asam.

  • Selalu minum air putih

Sudah bukan rahasia lagi bila air mineral mempunyai banyak khasiat bagi tubuh, salah satunya adalah mencegah kambuhnya asam lambung. Pada sebuah penelitian yang pernah dilakukan, menunjukkan bila di dalam 200 ml air mineral mampu meningkatkan pH lambung secara cepat.

Baik itu air hangat maupun dingin, keduanya tidak akan membuat asam lambung menjadi meningkat. Tetapi dikatakan bila meminum air hangat bisa lebih cepat untuk menetralisir meningkatnya asam lambung.

Demikianlah tips bagi kamu yang mempunyai masalah dengan asam lambung, pola makan diatas tentunya harus kamu lakukan secara rutin. Jangan hanya dilakukan sekali dua kali, karena jika masih suka bandel bisa saja penyakit asam lambung kamu semakin buruk.