Tips Keuangan · September 12, 2021

Utang yang Sehat di Dalam Keluarga

Dalam mengatur keuangan keluarga memang harus difokuskan pada kebutuhan rumah tangga dan tidak ingin ada hambatan apapun yang membuat keuangan menjadi minus. Bahkan, memiliki utang dalam keluarga pun sangatlah dihindari. Tapi, ternyata ada jenis “utang sehat” yang boleh dilakukan dalam keluarga. Apa saja jenis utang sehat ini? mari simak penjelasannya berikut ini. 

Jenis Utang Sehat untuk Keluarga 

Berutang memang menjadi beban tersendiri, apalagi jika sudah berkeluarga. Tapi, berbeda jika memang Anda memilih untuk berhutang sehat. Apa itu utang sehat? utang yang satu ini masuk ke dalam utang yang bermanfaat untuk masa depan. Di mana utang yang dimiliki bukan hanya untuk konsumtif saja, tapi ada manfaat yang akan didapatkan. Lalu apa saja jenis dari utang sehat dalam keluarga? Berikut ini jenisnya: 

  • Membeli rumah 

Utang sehat pertama yang bisa dilakukan dalam keluarga adalah untuk membeli rumah. Hal ini tentu saja sangat wajar, jika mengingat bahwa harga properti sangatlah mahal dari tahun ke tahun. Jika mengandalkan tabungan, tentu saja tidak akan pernah cukup. Tapi, Anda bisa berhutang untuk mendapatkan hunian pribadi yang tentu saja lebih nyaman. 

Ada banyak sekali program pemerintah yang membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah bersubsidi dari Kredit Perumahan Rakyat. Adanya program ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan rumah lebih murah dan bersubsidi. Jadi, jika memang sudah mencukupi tidak ada masalah untuk mengambil hutang agar memiliki rumah sendiri. 

  • Modal bisnis 

Selain pekerjaan tetap, banyak sekali orang yang juga beralih ke dunia bisnis. Tapi, ketika ingin memulai bisnis harus ada modal. Permasalahan modal inilah yang terkadang membuat orang ragu untuk memulai bisnis, karena memang tidak sedikit yang dibutuhkan. Solusinya adalah dengan mengajukan pinjaman atau utang. 

Utang untuk dijadikan modal bisnis masuk dalam utang sehat. Karena dengan adanya tambahan modal ini, maka Anda bisa mengembangkan bisnis. Apabila bisnis yang dijalankan berkembang pesat, sudah pasti akan mendatangkan keuntungan di masa depan. Hal ini adalah investasi yang cukup baik untuk keluarga Anda. 

Tapi sebelum mengajukan utang, ada baiknya melakukan perhitungan dengan matang dan pastikan bahwa pendapatan dari bisnis dapat membayar semua. Apabila ingin mendapatkan pinjaman yang lebih aman, bisa mengajukan program pinjaman UMKM yang disediakan oleh pemerintah dan telah bekerja sama dengan bank. 

  • Membeli kendaraan 

Membeli kendaraan dengan cara kredit juga masuk ke dalam kategori utang sehat. Sama seperti rumah, kendaraan juga menjadi investasi yang dapat menunjang aktivitas atau bahkan bisnis. Semisalnya jarak dari rumah ke tempat kerja terbilang jauh dan pengeluaran transportasi hampir sama dengan cicilan kendaraan, maka tidak ada salahnya untuk mengambil utang kendaraan. 

Apalagi kendaraan ini tidak digunakan hanya sebentar, tapi untuk jangka panjang. Sehingga pembeliannya pun sudah pasti akan bermanfaat. Maka daripada itu, jika memang pendapatan cukup untuk mencicil kendaraan tidak ada salahnya untuk mengajukan kredit. 

  • Utang pendidikan anak 

Jika sudah menjadi orang tua, maka sudah pasti akan memberikan yang terbaik untuk anak termasuk dalam hal pendidikan. Seperti yang sudah diketahui, bahwa pendidikan anak di Indonesia termasuk tinggi. Untuk solusi yang paling disarankan adalah dengan mengajukan utang. Tidak masalah memiliki utang agar pendidikan anak terjamin. 

Tapi, ketika mencari pinjaman utang lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu masalah pembayaran dan besarannya. Berhutang demi pendidikan anak sama sekali tidak salah, karena pendidikan adalah investasi jangka panjang yang akan dirasakan buah hati hingga dewasa. Selama, Anda mampu untuk memenuhi kewajiban pembayaran, tidak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman dana. 

  • Membeli aset untuk jangka waktu 5 tahun ke depan 

Terkadang ada saja hal yang membuat Anda harus berhutang dalam keadaan mendesak. Semisalnya adalah ketika laptop di rumah rusak, padahal laptop ini harus digunakan untuk bekerja dan membantu anak dalam pekerjaan rumah. Apabila memang tidak ada dana, maka tidak masalah untuk berhutang. 

Apalagi laptop dapat digunakan lebih dari 5 tahun serta akan digunakan untuk hal produktif, jadi tidak ada salahnya untuk mengajukan hutang. Walaupun ini termasuk utang konsumtif, tapi manfaat kedepannya sangatlah baik. Hal paling penting adalah hutang ini masih mampu untuk Anda bayarkan tepat waktu. 

Itulah beberapa jenis utang sehat yang bisa dilakukan dalam keluarga. Kesimpulannya adalah selama itu bermanfaat dan memiliki tujuan jelas, berhutang tidak akan menjadi masalah. Hal yang perlu dihindari adalah berhutang untuk hal tidak penting, seperti untuk liburan padahal keuangan sedang tidak baik dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu saja, Anda  juga harus memperhatikan bahwa ketika mengajukan utang, maka keadaan keuangan tidak ada masalah dan mampu melakukan pembayaran tepat waktu. Jika sudah memiliki perhitungan matang, maka pengaturan untuk membayar hutang adalah hal yang tidak akan membebani.